Setelah 40 Tahun Dinyatakan Meninggal, Nenek Ini Tiba-tiba Pulang ke Rumah Dalam Kondisi Sehat

Apa jadinya jika orang kamu sangka telah meninggal dunia puluhan tahun lamanya, tiba-tiba pulang ke rumah dalam kondisi sehat wal afiat? Takut, senang, atau malah bingung?

Inilah yang dialami Ram Kumari, ketika mengetahui bahwa ibunya yang telah meninggal sejak tahun 1976 tiba-tiba mengetuk pintu rumahnya. Padahal, saat itu dia meyakini betul bahwa ibunya telah meninggal di usia 40 tahun silam akibat dipatuk ular kobra peliharannya sendiri.

Ketika dalam kondisi sekarat, berbagai cara ditempuh agar sang ibu yang bernama Vilasa yang kala itu berusia 42 tahun itu sembuh. Sayangnya, pengobatan tradisional yang dianggap jadi penyelamat tidak mampu membendung kejamnya bisa ular kobra.

Menyakini bahwa ibunya telah meninggal, Ram langsung melakukan prosesi pemakaman. Jenazah ibunya langsung diberikan pakaian dan dihanyutkan ke Sungai Gangga dengan perahu kayu semacam getek.

Berbeda dari kebiasaan orang Hindu di India yang mengkremasi jenazah orang yang sudah meninggal, keluarga Ram justru tidak melakukannya. Hal ini dikarenakan untuk kasus orang yang meninggal karena gigitan ular cukup dihanyutkan saja ke sungai dan berharap airnya akan membasuh racun dari tubuh dan membuatnya hidup kembali. Sebenarnya itu memang sekedar mitos, tapi tidak disangka-sangka malah jadi kenyataan.

Nah, apakah benar air Sungai Gangga membuatnya hidup kembali? Ternyata tidak. Ketika jenazah Vilasa terapung hingga di perbatasan Kannauj, tiba-tiba ditemukan oleh sekelompok nelayan yang menyakini kalau wanita ini belum meninggal.

Vilasa langsung diselamatkan dan dibawa ke sebuah kuil setempat untuk mendapatkan perawatan. Meskipun dia bisa fisiknya bisa diselamatkan, tidak begitu dengan mentalnya. Ya, dia dinyatakan kehilangan sebagian ingatannya.

Sungai gangga

Prosesi pemakaman di Sungai Gangga (foto: Reddit)

Selama 40 tahun tinggal di kuil tersebut, perlahan tapi pasti ingatan Vilasa pulih kembali. Dia bahkan menceritakan sedikit ingatan tentang masa lalunya itu ke seorang perempuan di dalam kuil. Tak lama kemudian, dengan bantuan seorang pria yang bernama Chetram, akhirnya Vilasa dibawa ke desa tempat dia berasal.

“Ibuku mengatakan kalau dia kehilangan kesadaran dan ingatannya. Tapi beberapa hari yang lalu ingatannya pulih dan dia menceritakan semua tentang masa lalunya ke seorang perempuan dan dia menceritakan itu kepada pamannya. Ternyata pamannya pernah datang ke pemakaman ibuku dan langsung menghubungi kami untuk memulangkan beliau,” ujar Ram seperti dilansir Times of India.

Lalu setelah 40 tahun tidak bertemu, bagaimana Vilasa bisa dikenali? “Kamu langsung tahu bahwa wanita itu adalah ibu kami karena melihat tanda lahirnya,” ujar Muni, anak bungsi Vilasa.

Well, terkesan seperti film Bollywood? Itulah kehidupan. Banyak hal-hal ajaib yang seperti drama layar lebar, tapi nyata adanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s