Sony Xperia Z Ultra, Ketika Smartphone Ingin Menyerupai Tablet

Mungkin fenomena ini terkesan absurd, di mana banyak vendor menghadirkan smartphone dengan layar yang hampir menyaingi tablet. Ketika konsep phablet (phone-tablet) dianggap kurang besar di rentang 5 inci, kini vendor-vendor terkemuka menghadirkannya di atas ukuran 6 inci. Menyusul Samsung dengan varian Galaxy Mega 6.3-nya, Sony menghadirkan Xperia Z Ultra dengan ukuran yang sama namun dengan ketangguhan yang tidak biasa.

Sesuai namanya, Xperia Z Ultra tentunya merupakan seri Xperia Z dalam wujud ‘ultra’. Tidak hanya dari sisi fisik layarnya yang lebih besar, yakni 6,4 inci, tetapi juga terjadi pemutakhiran di dapur pacu dan fitur lainnya.

Di sisi layar, Sony membenamkan teknologi TRILUMINOS dan X-Reality pada Xperia Z Ultra untuk tampilan cemerlang saat menayangkan foto dan video. Pada display layar terpapar resolusi 1080 x 1920 pixels dengan densitas hingga 342 ppi yang membuat gambar apapun yang tertampil begitu detil.

Pada dapur pacunya, Xperia Z Ultra memiliki prosesor quad-core 2.2 Ghz Snapdragon 800, 2GB RAM, dan 16 GB memori internal yang bisa diekspan hingga 64GB dengan microSD, micro SDHC, dan microSDXC.

Meskipun terkesan bongsor, Xperia Z Ultra justru terlihat ramping dan ringan dengan ketebalan hanya 6,18 yang menjadikannya phablet tertipis saat ini, di samping bobotnya yang hanya 212 gram.

Mengusung konsep desain OmniBalace yang telah digunakan Xperia Z dan Xperia Tablet Z, bodi Xperia Z Ultra diselemuti oleh permukaan kaca yang tahan terhadap goresan di bagian depan dan belakang. Istimewanya lagi, dengan mengantongi sertifikasi IP55 dan IP58, phablet berbasis OS Android 4.2 Jelly Bean ini memiliki ketahanan terhadap air, debu, dan benturan.

Bagi yang menginginkan fungsionalitas PDA seperti halnya Galaxy Note, Xperia Z Ultra telah mengakomodirnya dengan kemampuan mengenali tulisan tangan dengan pensil apapun, stylus kapasitif atau pena logam dengan ujung berdiameter 1 milimeter. Jadi, pengguna bisa menulis catatan atau menggambar apapun di atas permukaan layarnya.

Bagi saya pribadi layar smartphone di atas 5,5 inci sudah nggak relevan lagi dengan kebutuhan sehari-hari. Apalagi saya termasuk orang yang banyak bergerak dan lebih suka mengantongi smartphone dibandingkan menjinjingnya dengan dengan tangan atau tote bag seperti cowok-cowok metroseksual kekinian.

Top Notch
-Layar tahan air, debu, dan benturan
-Layar Full HD 1080 x 1920 pixels, 6,4 inci (344ppi) Triluminos, Engine X-Reality
-Sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean
-Prosesor quad-core 2.2 GHz Qualcomm Snapdragon 800 Krait 400, GPU Adreno 330
-Memori internal 16GB, RAM 2GB, slot memori eksternal hingga 64GB
-Kamera belakang 8MP, sensor Xmor RS for mobile, video full DH, HDR, lampu kilat, kamera depan 2MP
-Baterai 3050mAH dengan mode Battery Stamina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s