Creative Solutions Award: Wajah Baru ‘Social Network’

Situs jejaring sosial (social network) adalah sebuah lompatan besar yang berhasil ditorehkan sejarah perkembangan dunia internet. Berkembanganya teknologi web 2.0 yang memungkinkan orang berinteraksi satu sama lainnya dalam satu lingkungan situs, menjadi cikal-bakal pertumbuhan situs jejaring sosial di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, tren social network sudah mulai terasa begitu Friendster dirilis pada tahun 2002, seiring dengan petumbuhan situs blog yang menjadi kelahiran para blogger. Tren sosial network semakin terasa ketika Facebook mulai merambah dunia maya pada tahun 2004. Popularitas Facebook berhasil menggeser para pendahulunya seperti Friendster dan MySpace.

Berdasarkan sebuah studi yang dirilis e-Marketer pada 1 Desember 2009, pengguna Facebook di Indonesia tumbuh cepat dan menempati posisi kedua dari sisi jumlah pengguna, yakni sebanyak 13.870.120 dan berada di bawah Amerika Serikat. Meskipun terkesan hanya sebuah situs ‘mainan’, nyatanya banyak hal yang bisa diperoleh dari situs social network. Banyak orang yang begitu mudahnya mendapatkan pasangan, pekerjaan, proyek, atau membeli maupun menjual barang.

Entah ingin memanfaatkan momentum ini atau tidak, PT Aplikasinusa Lintasarta (Lintasarta) mengusung Creative Solutions Award (CSA) dengan format web 2.0 yang memungkinkan setiap peserta berinteraksi satu sama lainnya lewat domain www.creativesolutionsaward.com. Dengan tema “Kreatif Yuuk”, CSA memberikan kesempatan kepada mereka yang kreatif untuk mengembangkan ide-idenya terkait dengan pemanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), seperti internet, hosting, video conference, corporate SMS, corporate email, dan sebagainya, yang merupakan solusi yang di-provide oleh Lintasarta selaku penyedia solusi komunikasi data. Tentunya, pemanfaatan TIK tersebut harus disinambungkan dengan berbagai bidang kehidupan dan beragam industri yang ada di Indonesia, seperti ritail, perbankan, layanan publik, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

CSA sebenarnya sudah berlangsung sejak 20 Agustus 2009 hingga 10 Desember 2009 dengan hadiah utama sebuah netbook setiap dua minggunya. Namun, mengingat kesuksesan acara ini, sepertinya CSA menjadi side-kick terbaru Lintasarta dalam mengakrabkan dirinya ke tengah masyarakat. Apalagi, dari CSA telah terbit semacam komunitas tersendiri layaknya social network yang tengah menjadi primadona di dunia maya.

Di dalam situs CSA, para peserta tidak hanya berkomentar, berdebat, dan memberikan vote atas ide yang ada, tetapi juga tidak sedikit yang akhirnya membentuk sebuah pertemanan yang akrab antar peserta. Dengan begitu, bisa dibilang CSA adalah social network yang berhadiah, karena dari wadah yang tadinya sebagai ajang berkompetisi, siapa yang menyangka terjalin sebuah pertemanan di dalamnya. Bahkan, tidak sedikit pula yang ‘tertangkap basah’ saling bertukar alamat blog, akun Facebook, dan melakukan kerjasama bisnis. Jadi, selamat datang di wajah baru  social network

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s