Tanah Abang Diterjang Angin Puting Beliung (Video + Foto)

p31-03-09_16551Siapa yang menyangka, di tengah cuaca yang terang benderang, mendadak kawasan Cideng, Jakarta Pusat kemarin sore (31/3/2009) diselimuti awan gelap. Seiring dengan hujan yang turun, terjangan angin puting beliung menghantam seluruh objek yang tegak berdiri: gedung perkantoran, papan reklame, marka jalan, dan pepohonan.

Ketika alam mulai memamerkan kekuatannya tersebut, sekitar pukul 16.30 adik saya yang kebetulan berada di lokasi sekitar kejadian menelpon saya yang saat itu baru sampai di rumah. “Chan, buruan lo kesini! Bawa kamera, ada angin tornado jelas banget!” begitu serunya di balik telepon.

Awalnya, saya sama sekali tidak mempercayai kabar adik saya ini. Dia mengatakan Cideng sedang diterjang badai, sementara rumah saya yang jaraknya hanya sekitar 3 Km dari sana cukup terang benderang. Adik saya pun perlu waktu berkali-kali menelepon saya untuk menyakinkan apa yang dia lihat itu adalah benar. Dan, usahanya pun berhasil. Saya yang sedang asyik mengetik di kamar–kebetulan baru sampai dari kantor–langsung bergegas mengambil tas berisi kamera digital dan menuju ke Cideng dengan mengendarai motor.

Di perjalanan, saya mengira-ngira, badai apa yang dimaksud adik saya itu. Karena, sepanjang saya memandang langit, tidak ada gelagat mencurigakan. Tapi alam siapa yang bisa menduga. Begitu saya sampai 10 menit kemudian di Cideng–tepatnya di bibir jalan Tanahabang I–saya melihat banyak kekacauan: pohon-pohon yang tumbang dan beberapa marka jalan yang ambruk ke jalan.

p31-03-09_16552Apesnya, ketika saya ingin mengabadikan momen ini, baterai kamera saya drop. Mau tidak mau, saya kali ini mengandalkan ponsel kamera saya untuk meng-capture beberapa kerusakan.  Setidaknya, saya berhasil mengabadikan momen tersebut dan membaginya ke dalam catatan ini.

Pemandangan seperti ini bisa terlihat sepanjang jalan Tanah Abang I mulai dari perempatan Cideng. Sebuah reklame sebuah produk ponsel TV tambah limbung, sementara di depannya sebuah pohon berukuran sedang tumbang dengan ranting-ranting kecil yang berserakan. Bahkan, tepat di depan sebuah minimarket, terdapat ceceran pecahan kaca bercampur nasi. Kata orang sekitar, sebuah gerobak nasi goreng hancur terbawa angin. Sebagai lokasi yang banyak berdiri gedung perkantoran, musibah ini sudah tentu membuat karyawan kocar-kacir histeris.

Beranjak ke arah barat, kondisi makin mengkhawatirkan. Sebuah gedung kacanya tampak pecah karena terkena benda yang terbawa angin. Menurut warga sekitar, angin menggulung lokasi ini dalam waktu yang sangat singkat. Kebanyakan mereka bahkan sempat melihat bagaimana kekuatan angin ini mengangkat beberapa materi bangunan, seperti kaca, seng, teriplek, dan besi-besi tua. “Seperti dalam film ‘Twister’,” ujar salah satu dari mereka.

p31-03-09_1653Kekuatan angin yang diceritakan oleh warga setidaknya tergambarkan dari jatuhnya sebuah pohon besar di seberang gedung Madusari Nusantara, Tanah Abang I, yang tidak hanya menyebabkan kabel listrik terputus, tetapi juga sebuah warung kaki lima dan gerobak nasi goreng hancur tertimpa runtuhannya. Pohon tersebut runtuh tepat ke tengah jalan. Praktis, kondisi jalan tertutup bagi kendaraan motor.

Asrama Paspamres tampaknya juga harus mengakui kekuatan dari angin ini. Sebuah pohon besar tumbang tepat di depannya. Meskipun tidak menimpa dalam gedung asrama, pohon ini tetap saja membuat kerusakan di akses depan wiraha yang berada di samping asrama. Begitupun dengan SPBU Tanah Abang yang tidak luput dari terjangan angin. Menurut petugasnya, angin besar telah menyebabkan kanopi (atas fiber) bengkel yang ada di lokasi SBPU terangkat dan berterbangan. “Sebagian dari atap itu ada yang nyangkut di menara BTS di belakang SPBU ini,” ujarnya.

Dalam video yang saya sertakan, terekam kondisi jalan yang amburadul dan pohon besar yang menimpa jalan. Saya juga sempat mengabadikan kepanikan karyawan madusari yang melihat sebuah percikan api yang membesar di sebuah kabel listrik. Beruntung, sekalipun musibah ini tergolong dasyat, tidak ada korban jiwa.

Nah, karena kemaren koneksi internet di rumah saya sedang bermasalah, terpaksa deh, informasi ini saya bagi baru sekarang. Fiuh, ini juga mengandalkan koneksi internet kantor yang rada-rada lemot. Semoga saja ini laga terakhir kekuatan alam…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s