Miss Indonesia di ICT Expo 2008 : Kecantikan Yang Membunuh Rasa Kantuk

Seminggu lalu (21-23 Mei 2008) telah digelar acara ICT Expo 2008 yang merupakan rangkaian hajat rutin E-Indonesia Initiative (eII) yang dimotori oleh Suhono R. Supangkat, dosen ITB yang kini menjadi staf ahli menteri Depkominfo. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini acara digelar di Jakarta Internasional Expo atau lebih dikenal dengan PRJ Kemayoran.

Sayangnya, saya melihat acara ini mengalami penurunan dari jumlah visitor maupun peserta. Ini terlihat selama berlangsungnya acara 3 hari berturut-turut yang meliputi pameran, seminar parallel, hingga konferensi nasional maupun internasional berlangsung sunyi-senyap dan tidak seperti gelaran pada tahun-tahun sebelumnya yang selalu ramai.

Desas-desus yang bertebaran, pemilihan PRJ sebagai venue dianggap penyebab kegagalan panitia mencapai target 15.000 pengunjung. Karena, meskipun masih berada berada di pusat kota, entah karena akses kendaraan umum yang sulit dan tempat yang dianggap ‘terpencil’, berbagai acara pameran yang digelar di PRJ—kecuali Jakarta Fair—sepertinya kurang mendapat sambutan.

Lainnya, suasana ibukota yang kurang kondusif dengan maraknya demontrasi menolak kenaikan BBM membuat orang urung datang ke venue. Begitupun Presiden SBY yang memilih untuk gelar rapat koordinasi bersama para menteri terkait kebijakan non-populisnya menaikan harga BBM, daripada menyempatkan diri menghadiri opening ceremony acara ini.

‘Kegagalan’ sebenarnya sudah tercium pada saat pembukaan acara ini berlangsung. Saya masih melihat beberapa kursi terlihat kosong. Adapun keramaian di ruang utama hanya dikarenakan hadirnya beberapa almamater Depkominfo yang mendampingi Menkominfo Muhammad Nuh yang didapuk sebagai keynote speaker.

Di tengah rasa kantuk akibat atmosfer liputan pagi yang senyap tersebut, tiba-tiba mata saya ‘dikejutkan’ dengan seorang perempuan cantik berpakaian kebaya moderen yang anggun dan mengenakan mahkota di kepalanya. Dia ternyata Sandra Angelia, yang baru saja terpilih sebagai Miss Indonesia 2008. Jangan ditanya kenapa saya bisa tahu nama wanita cantik ini, karena saya juga bertanya kepada seorang teman yang duduk di samping saya.

Sudah tentu, kehadiran bidadari intelektual ini juga menjadi pusat perhatian seluruh orang yang berada di ruang utama tersebut. Bahkan, saya sangat yakin mereka semua merasakan sensasi yang juga saya rasakan yakni hilangnya rasa kantuk.

Menkominfo yang ternyata tidak menduga kehadiran Sandra, dalam sambutannya sempat bertanya, apa hubungan acara tersebut dengan Miss Indonesia. Namun beliau mengaku senang dan memuji kejutan pihak panitia ini. Menurutnya, sebuah kecantikan memang perlu ditampilkan dalam setiap acara yang berkaitan dengan TIK, agar tampilan acara terkesan menarik.

Saya sangat setuju sekali dengan pendapat Menkominfo. Bagaimanapun konsep sebuah acara dijalankan, tak lengkap rasanya tanpa kehadiran perempuan-perempuan cantik sebagai pembangkit mata dan semangat (bukan napsu lho hehehe…). Itulah sebabnya, di beberapa acara peluncuran produk, para wartawan selalu ‘disuguhi’ aksi para bidadari showbiz.

Nah, meskipun opening ceremony ICT Expo 2008 tidak jadi dihadiri Presiden SBY, saya rasa kehadiran Sandra sudah menjadi magnet tersendiri. Karena tak tahan ingin menikmati kecantikannya dari dekat, saya pun membujuk-bujuk teman untuk mewawancarinya. Alhasil, saya dan teman saya berbincang-bincang sedikit dengan perempuan yang sempat tinggal lama di Australia ini.

Dari perbincangan tersebut, Sandra mengaku dirinya bersama miss-miss yang lain, didapuk MNC (Media Nusantara Citra) untuk mengisi sebuah program pendidikan di Indovision. Di kesibukan terbarunya ini, dia akan menjadi guru bagi para balita dengan konsep e-homeschooling. “Saya mengajar pelajaran seperti membaca dan berhitung. Saya sangat beruntung sekali bisa melibatkan diri dalam acara ini,” ujarnya. Wah, betapa beruntungnya para balita itu hehehe…

Nah, demi memicu rasa iri pembaca posting blog ini, sengaja saya tampilkan foto saya bersama Sandra. Kalo dilihat dari nama Chandra dan Sandra, kira-kira jodoh gak ya? Hehehehe…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s